Minggu, 14 November 2010

Prasangka dan Diskriminasi


Dalam kehidupan sehari-hari, seseorang dapat menilai baik atau buruknya seseorang dari sikap orang tersebut. Penilaian sikap baik atau buruk kepada seseorang dapat disebut juga “PRASANGKA” dan hal ini hanya sebatas penilaian orang lain secara kasat mata saja. Terkadang kita salah berprasangka kepada orang lain dan akibatnya terjadilah perselisihan dan sebagainya.

Lalu pernyataan “DISKRIMINASI” pun mempunyai hubungan yang erat dengan “PRASANGKA”. Jika dalam pernyataan diatas prasangka merupakan suatu sikap dari penilaian kita terhadap orang lain, sedangkan dalam hal diskriminasi merupakan suatu tindakan secara nyata yang kita sampaikan kepada orang yang bersangkutan mengenai penilaian kita. Satu sikap buruk terkadang menghapus ribuan sikap baik kita. Peryataan ini dapat pula kita artikan bahwa seseorang terkadang lebih banyak mencari celah kesalahan kita daripada kebaikan yang telah kita berikan, dan karena cara pandang ini lah yang mengakibatkan banyaknya perselisihan diantara kita.

Jadi sebaiknya kita sebagai individu yang baik, tidak sepantasnya mencari kesalahan orang lain, lebih baik mengkoreksi diri sendiri dan mencari cara agar dapat berprasangka dengan baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar