Kamis, 04 November 2010

PEMUDA DAN SOSIALISASI

Pemuda adalah bagian dari masyarakat yang dianggap sebagai harapan untuk meneruskan perjuangan generasi tua. Hal itu tidak terlepas dari kemampuan pemuda itu sendiri yang masih memiliki banyak tenaga untuk mengerjakan berbagai hal. Walaupun begitu seorang pemuda pun tidak terlepas dari kekurangan, kekurangan yang paling jelas terlihat adalah bagaimana pemuda belum banyak pengalaman dalam hal apapun. Jadi kita dapat menyimpulkan peranan generasi tua tidak kalah penting untuk memberi peringatan kepada generasi muda yang pada umumnya memiliki modal nekat dalam melakukan suatu hal. Contoh dari kasus ini adalah saat ada perdebatan antara generasi muda dengan generasi tua mengenai hari kemerdekaan.

Adapun peranan pemuda dalam masyarakat dapat dibedakan atas dua hal, yaitu;
- Yang diasaskan usaha pemuda untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan
- Pemuda yang menolak untuk menyesuaikan dengan lingkungannya.

Dalam kasus yang pertama, kita dapat mengambil contoh mengenai pemuda-pemuda yang berusaha keras untuk melestarikan tradisi kebudayaanya. Seperti penggunaan bahasa ibu atau bahasa daerah masing-masing yang sudah hampir hilang dari kehidupan sehari-hari. Meski kita sudah memiliki bahasa persatuan bahasa Indonesia tetapi kita juga tidak boleh lupa akan bahasa ibu yang merupakan jati diri dari keanekaragaman Indonesia itu sendiri.

Lalu dalam kasus yang kedua, adalah peranan pemuda yang ingin merubah hal yang dikatakan jadul dengan hal-hal yang menurut mereka adalah hal yang keren. Kasus nyata dalam hal ini adalah bagaimana pemuda-pemuda kita pada zaman yang modern ini sudah mulai meninggalkan tradisi kebudayaan masing-masing, meninggalkan tradisi orang timur yang berkaitan erat dengan keramahan dan sopan santun dengan tradisi orang barat yang sangat berbeda dengan kebudayaan orang timur.

Memang dalam kehidupan ini, pasti adanya suatu keseimbangan dimana jika disana ada hal yang baik pasti tidak jauh dari sana pula ada hal yang buruk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar