Kamis, 04 November 2010

INDIVIDU, KELUARGA DAN MASYARAKAT

Individu dapat dikatakan sebagai sesosok manusia yang bebas, bebas disini mempunyai arti bahwa seorang individu mempunyai kebebasan dalam memilih jalan hidupnya masing-masing, terutama orang dewasa yang sudah menemukan jati dirinya masing-masing.

-Adapun kemungkinan yang terjadi setelah seorang individu menemukan jati dirinya adalah
-Menyimpang dari norma kolektif
-Kehilangan individualitasnya atau takluk pada kolektif
-Mempengaruhi masyarakat

Menyimpang dari norma kolektif
Maksud dari hal ini adalah bahwa dalam bermasyarakat kita membentuk ideologi baru yang menurut masyarakat pada umumnya, hal itu merupakan hal yang menyimpang. Salah satu contohnya adalah anak muda yang menganut paham Punk, aliran yang berasal dari aliran paham menolak peraturan pemerintah dan ingin hidup bebas ini dianggap oleh sebagian besar masyarakat kita ini sebagai suatu hal yang meresahkan, bahkan banyak dari masyarakat yang memandang bahwa orang yang beraliran Punk adalah orang-orang yang kotor.

Kehilangan individualitasnya atau takluk pada kolektif
Maksud dari hal tersebut adalah sebagai pengaruh dari lingkungan yang telah terbentuk sebelumnya, apabila lingkungan tersebut baik, maka orang sekitarnya pun akan jadi baik pula. Tetapi jika dalam lingkungan tersebut sudah tidak dapat dikendalikan, maka kacau pula lah masyarakat sekitarnya. Contoh dari hal ini adalah lingkungan pesantren, secara otomatis semua warga yang berada diwilayah pesantren tersebut akan dibimbing oleh pihak pesantren untuk membentuk lingkungan yang sinergis dan harmonis.

Mempengaruhi masyarakat
Seorang politikus merupakan sesosok individu yang sangat pandai merayu  dan mempengaruhi masyarakat. Hal tersebut dapat kita perhatikan secara jelas saat pemilu, banyak dari mereka yang mengumbar janji hanya untuk meyakinkan bahwa dia itu pantas. Tetapi dalam hal ini bukan politikus saja yang pandai mempengaruhi masyarakat. Pada umumnya orang yang dapat mempengaruhi masyarakat adalah orang yang yang dituakan, memiliki ilmu yang tinggi, dapat berkomunikasi dengan masyarakat dan beretika baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar