Jumat, 01 Oktober 2010

Kepadatan Penduduk Dapat Mempengaruhi Kesehatan Seseorang


Kesehatan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi setiap orang, baik dia itu orang kaya, orang miskin, pekerja keras, pengangguran, pengusaha, guru, pelajar dan lain sebagainya. Karena meski orang sudah punya uang banyak yang berasal dari kerja kerasnya dalam mencari nafkah, tapi bila kesehatan tidak didapatkannya, maka dia hanya bisa merasakan sakit yang diderita tanpa bisa menikmati uangnya tersebut.


Adapun kepadatan penduduk pun secara tidak langsung dapat mempengaruhi kesehatan pada diri kita. Mengapa bisa demikian ?. Adapun salah satu alasannya adalah tentang bagaimana orang yang tinggal di daerah padat penduduk tersebut dapat menjaga kebersihan lingkungannya. Pada umumnya, penduduk yang berada pada kawasan padat penduduk sangat sulit untuk bisa mengatur kebersihan pada lingkungannya. Contoh kecil yang dapat kita ambil adalah mengenai sampah. Bagi yang tinggal di daerah padat penduduk, membuang sampah saja merupakan hal yang sulit. Sehingga kebanyakan dari mereka yang tinggal di daerah padat penduduk sering kali membuang sampah ke sungai. Akibat dari hal tersebut aliran sungai menjadi mampet, bila musim hujan akan terjadi banjir, dan dari banjir tersebut akan menimbulkan berbagai macam penyakit, seperti diare, muntaber, DBD dan lain sebagainya.

Memang semakin padat suatu daerah tidak bisa jadi tolak ukur pasti mengenai kesehatan penduduknya. Karena hal tersebut kembali lagi kepada kesadaran penduduk yang tinggal di daerah tersebut. Apabila mereka memiliki kesadaran yang tinggi mengenai lingkungan, tentu masalah padat penduduk dengan kesehatan akan bisa diatasi. Tetapi sebaliknya, apabila kesadaran mengenai lingkungan masih rendah, maka penyakit pun siap menghampiri.

“Kebersihan pangkal dari Kesehatan”

Rian Luthfi Gazali
Gunadarma University
Teknik Informatika
1 IA 20
30 September 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar