Senin, 20 Oktober 2014

Mencari SDM yang Tepat


Judul diatas merupakan inti dari artikel yang akan ditulis disini, artikel ini merupakan salahsatu tugas dari Mata Kuliah “Pengantar Bisnis Informatika” untuk jurusan Teknik Informatika di Universitas Gunadarma, dimana mata kuliah yang ber-genre kan softskill ini mengajak peran aktif mahasiswa untuk bisa aktif mencari informasi mengenai suatu topik tertentu dan juga kreatif untuk bisa menuangkan opini dan ide nya kedalam bentuk artikel. Adapun topik pada artikel kali ini akan membahas mengenai perencanaan dan perekrutan tenaga kerja pada sebuah wirausaha.

Wirausaha bisa juga diartikan sebagai usaha sendiri, dari berbagai sumber yang saya baca mengenai wirausaha adalah suatu konsep membangun ide baru dan juga kreatif sehingga dari konsep tersebut dibangunlah sebuah usaha baru yang tentunya akan menghasilkan uang. Sebuah ide baru ataupun ide kreatif terkadang bisa didapatkan dari rutinitas hobi maupun rutinitas seseorang yang tanpa disadari bisa dijadikan sebagai peluang usaha yang baru. Adapun contoh ide kreatif yang didapatkan sebuah hobi seperti usaha desain sablon baju, usaha desain sablon baju ini muncul dari hobi seseorang yang senang menggambar. Lalu ide kreatif yang didapatkan dari rutinitas seseorang  contohnya yaitu mengenai sampah, ide ini muncul dari seorang pemulung sampah yang rutinitasnya adalah mengumpulkan sampah berupa plastik ataupun gelas dan berbagai barang yang sekiranya bisa dijual pada seorang pengepul. Tapi pemulung ini memiliki ide kreatif dimana ia ingin bisa mengolah sampah yang ia punya menjadi barang yang bisa diolah sehingga bisa dijual dengan harga yang pantas. Dari contoh bentuk wirausaha yang saya paparkan, ide kreatif yang merupakan awal dari usaha yang akan dibuat bisa dimiliki oleh setiap orang, kapanpun dan dimana pun, tinggal usaha orang tersebut mengolah lagi ide kreatif nya menjadi bentuk yang nyata.

Untuk bisa mengembangkan wirausaha menjadi lebih besar lagi, tentu dibutuhkan sumber daya manusia (SMD) lagi. Sebagai contoh ide dari pembuatan usaha desain sablon baju, walaupun ide usaha sudah dijalankan oleh diri sendiri, tentu produk yang akan dihasilkan akan terbatas, dengan penambahan SDM tentu akan mendongkrak produk yang semisalkan dalam satu bulan saat dikerjakan sendiri hanya dapat menghasilkan 5 desain, tetapi jika ditambah dengan SDM yang baru produk akan bisa bertambah menjadi 10 – 50 desain.

Konsep dari Wirausaha dari berbagai sumber menyatakan bahwa sebuah wirausahawan tidak hanya sebagai pelaku, bahkan wirausahawan bisa juga hanya sekedar pemberi ide untuk bisa dikembangkan lagi ke arah usaha bisnis yang baru, adapun manfaat dari bentuk wirausaha adalah dapat membuka lapangan pekerjaan baru dilingkungan sekitar ataupun dapat membantu saudara-saudaranya yang kesulitan untuk mencari suatu pekerjaan.

Pemerintah pun sangat mendukung gerakakan dari para wirausahawan untuk membuka lapangan pekerjaan baru, salah satu dukungan pemerintah yaitu bantuan dana modal. Sebutan wirausaha yang sering didengar adalah Usaha Kecil Menengah atau dapat disingkat dengan UKM.


Walaupun memiliki ide kreatif yang bagus tapi tidak disertakan dengan modal yang cukup, usaha tersebut tidak akan terwujud. Adapun saat modal sudah ada kendala lain pun muncul, salah satunya adalah SDM yang mumpuni. Kita kembali kepada usaha desain sablon baju. Saat usaha ini ingin dikembangkan tentu untuk bisa mendongkrak jumlah produk yang dihasilkan memerlukan SDM yang mumpuni. Adapun perekrutan SDM yang baru tidak bisa dianggap remeh oleh seorang Wirausahawan, ada kata pepatah “Tempatkanlah seseorang pada tempat yang tepat”, istilah mencari orang yang tepat adalah susah susah gampang, karena tentu jika kita menempatkan seseorang pada pekerjaan yang bukan pada bidangnya, tentu saja pekerjaan yang akan dihasilkan akan berantakan bahkan tidak sesuai dengan harapan. Contohnya saja, seseorang yang tidak bisa menggambar dipaksa untuk mendesain gambar baju, tentu akan sulit untuk orang tersebut untuk bisa menggambar, walaupun dia mencoba untuk menggambar tentu hasilnya tidak sebagus orang yang sudah biasa menggambar. Jika ada kasus seperti itu, tentu akan menjadi kerugian besar yang harus ditanggung oleh si punya Usaha.

Dari kasus diatas bisa diatasi dengan suatu bentuk skema perencanaan perekrutan calon SDM, seorang wirausahawan yang baik tentu akan memikirkan untuk bisa mencari orang yang tepat untuk menempati posisi yang dia inginkan. Adapun bentuk pencarian SDM yang tepat dan tentu nya berkualitas, secara umum hal yang banyak dilakukan oleh seorang Human Resourch Development atau sering disingkat dengan HRD, selalu membuat pengumuman Lowongan pekerjaan, dari pengumuman tersebut tentu akan ada orang-orang yang tertarik untuk bisa melamar pekerjaan yang disediakan, untuk bisa menentukan SDM yang tepat terkadang dibuat sebuah skema Pengujian ataupun tes sesuai dengan bidangnya masing-masing, jika tes sudah dilalui terkadang tahap terakhirnya adalah pada sesi Wawancara, terkadang sesi Wawancara menjadi sesi paling akhir untuk mencari SDM yang tepat, karena dari sesi ini bisa memperlihatkan bagaimana latar belakang dari pelamar serta dari pengalaman-pengalaman yang dimiliki oleh pelamar tersebut.

Banyak cara untuk bisa mencari SDM yang tepat dan berkualitas, tapi tentu untuk membangun Wirausaha yang baik, faktor SDM belum bisa menjadi patokan yang pasti, karena banyak lagi faktor yang dapat mempengaruhi maju tidak nya suatu Wirausaha, yang pasti Ketekunan saat meniti wirausaha menjadi modal penting yang tak bisa digantikan.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar