Senin, 19 Januari 2015

Marketing Mix


Marketing Mix adalah sebuah konsep untuk melakukan sebuah pemasaran suatu produk, dimana konsep ini memiliki suatu ketentuan-ketentuan yang akan menambah nilai jual dari produk yang ditawarkan dari produsen kepada konsumen. Dalam sejarahnya Marketing Mix memiliki bermacam-macam teori. Tetapi landasan dari teori tersebut tetap berpegang pada teori lama yaitu tentang Marketing Mix 4P, 4P disini adalah singkatan dari Product, Price, Promotion dan Place, dimana setiap unsur dari landasan Marketing Mix ini sangat berpengaruh terhadap pemasaran dari produk yang akan dijual.

McCarthy’s Four Ps.
Seorang Marketer E. Jerome McCarthy mengusulkan klasifikasi dari 4P pada tahun 1990, dimana klasifikasi ini sudah digunakan oleh Marketer diseluruh dunia. Adapun klasifikasi 4P nya yaitu :

1. Product
Sebuah produk dilihat sebagai sebuah item yang akan memuaskan pembeli, tentunya sebagai bagian pemasaran yang baik juga harus mengetahui produk yang dipasarkannya apakah memiliki kualitas yang bagus, tidak mudah rusak dan sebagainya. Dilihat dari sisi alur penjualan sebuah produk, bidang pemasaran dituntut untuk bisa mengetahui kapan sebuah produk itu bisa bernilai tinggi dan juga bernilai rendah.

2. Price
Seorang konsumen yang akan membeli barang tentu akan lebih memilih harga yang lebih murah dengan kualitas yang sama. Disinilah peran pemasaran dalam mencari refernsi harga dari barang yang di jualnya.

3. Promotion
Tidak kenal maka tak sayang, slogan ini mungkin cocok untuk konsep ini. Untuk bisa menjual suatu barang tentu barang tersebut harus di promosikan kepada pelanggan, bagian promosi ini biasanya digunakan untuk menjelaskan keunggulan-keunggulan dari produk yang dimilikinya, semakin banyak orang yang tahu akan keunggulan dan manfaat dari suatu produk tentu produk tersebut akan semakin banyak terjual.

4. Place
Tempat strategis untuk menjual suatu barang tentu menjadi bagian penting juga dalam pemasaran. Hal ini juga berhubungan dengan akses seoarang konsumen untuk melihat produk yang dijual, semakin mudah konsumen untuk bisa datang tentu kesempatan untuk menjual barang akan semakin tinggi.

7P dalam model pemasaran adalah konsep 4P ditambah dengan Physical Evidance, People dan Process, dimana model ini digunakan untuk produk yang sifatnya adalah jasa. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut :

5. Physical Evidance
Dalam hal ini yang lebih ditonjolkan adalah bagaimana proses dari sebuah produk itu dikemas dari bagian produksi hingga barang itu sampai ke konsumen, tentunya konsumen tidak menginginkan barang yang ia pesan mengalami lecet ataupun kerusakan.

6. People
Karyawan yang melakukan pelayanan tentu menjadi suatu bagian dalam bidang pemasaran, kesopanan saat melayani salah satu hal yang harus dimiliki saat menjual suatu produk.

7. Process
Proses dan sistem dalam organisasi yang menjual produk juga mempengaruhi nilai jual, karena dalam hal ini akan terlihat bagaimana proses suatu produk di produksi yang tentunya harus melihat dari sisi kualitas produk yang dijual.


1 komentar: